Monday, October 15, 2012

SEMANGAT PEMUDA DALAM ASPEK OLAHRAGA, PENDIDIKAN, DAN PARIWISATA DALAM PEMBANGUNAN KARIMUN


Pemuda atau Generasi muda adalah salah satu unsur penting dalam pembangunan daerah yang akan berdampak luas juga terhadap kemajuan bangsa. Dimana generasi muda selaku pilar pembangunan harus dipersiapkan atau dibekali dengan pendidikan yang cukup dan semangat nasionalisme sehingga mampu meneruskan perjuangan dan cita-cita Bangsa Indonesia, terutama dalam hal pembangunan daerah. Perbekalan yang dilakukan dimaksudkan agar terbentuk karakteristik pemuda yang cerdas, berkualitas, sehat jasmani dan rohani, mampu bersaing, serta mampu menerima dan mengolah pengaruh atau dampak globalisasi terhadap bangsanya.  Bangsa yang besar, adalah bangsa yang memiliki generasi muda yang berkualitas, sehingga mampu menjembatani bangsa tersebut untuk mencapai masa depan yang lebih maju.
            Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya Kabupaten Karimun,  memiliki generasi-generasi muda yang berpotensi sebagai sumber daya manusia dalam pembangunan daerah. Untuk itu, perlu diimbangi oleh semangat nasionalisme yang besar pula. Pemuda Kabupaten Karimun perlu ditanamkan semangat nasionalisme dalam rangka memerangi dampak negatif di era globaisasi ini. 
Ada beberapa langkah alternatif  yang bisa ditempuh untuk menanamkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda, diantaranya: pertama, perlu adanya redefinisi atas pemahaman dan pelaksanaan nilai-nilai nasionalisme dalam diri pemuda Indonesia. Redefinisi nilai-nilai nasionalisme dimaksudkan agar lahirnya sosok pemuda-pemuda yang dapat diteladani. Jika dulu nasionalisme pemuda diarahkan untuk melawan penjajahan, kini nasionalisme diposisikan secara proporsional dalam menyikapi kepentingan pasar yang diusung kepentingan global, dan nasionalisme yang diusung untuk kepentingan negara. Kedua diharapkan pemerintah pusat dapat mempercepat distribusi pembangunan di semua daerah agar tidak tumbuh semangat etnonasionalisme dalam diri pemuda. Ketiga, Menempatkan semangat nasionalisme pada posisi yang benar.
Pemuda Karimun dengan semangat nasionalisme yang berkobar, akan berdampak baik pula bagi pembangunan Kabupaten Karimun. Sebelum itu, perlunya generasi muda untuk memahami yang dimaksud dengan pembangunan, khususnya pembangunan daerah. Pembangunan daerah adalah suatu kegiatan atau proses yang dilakukan oleh masyarakat atau penduduk yang menempati suatu wilayah daerah tersebut, secara sadar dan terus menerus untuk meningkatkan kualitas kehidupannya, baik dalam segi fisik, sosial, ekonomi, budaya, politik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Dimana generasi muda memegang peran terbesar, karena merupakan kewajiban mereka untuk melanjutkan perjuangan pembangunan daerah.
Untuk itu, perlunya membangkitkan semangat pemuda Kabupaten Karimun dalam membangun Kabupaten Karimun, khususnya dalam aspek pendidikan, pariwisata, dan olahraga.




A.    Aspek Pendidikan
Pendidikan menjadi salah satu unsur penting untuk mewujudkan  pembangunan yang sukses. Dimana melalui jalur pendidikan, generasi muda yang merupakan pilar penting pembangunan dapat memperoleh perbekalan ilmu dan pengetahuan yang cukup, sehingga dapat menjalankan pembangunan yang lebih kreatif, inovatif, dan produktif dimasa yang akan datang. Disamping perbekalan ilmu dan pengetahuan, lembaga pendidikan baik formal ataupun non-formal diharapkan membina dan membentuk karakter dan moral didikannya sehingga generasi muda yang terbentuk disamping unggul dalam iptek juga baik moral budinya. Hal ini dimaksudkan agar pemuda Kabupaten Karimun dapat tumbuh menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang berbudi dan berkompeten sehingga dapat melaksanakan pembangunan dengan baik.
Mengingat pendidikan adalah salah satu unsur penting pembangunan, maka Pemerintah perlu meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan di Kabupaten Karimun, dan mensuplai atau mendukung lembaga-lembaga pendidikan yang ada dengan fasilitas yang memadai, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat memperoleh pendidikan yang cukup.
Disamping itu, peranan orang tua juga tidak kalah penting, dimana orang tua harus mampu mendorong atau memberi semangat kepada anak-anak mereka agar berkeinginan untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik.
              Lihat Pendidikan di Karimun           


B.     Aspek Pariwisata
Kabupaten Karimun terkenal dengan objek pariwisatanya yang indah dan menawan, seperti Pantai Pongkar, Pantai Pelawan, maupun Air Terjun Pongkarnya. Buktinya sering sekali dikunjungi oleh turis-turis asing khususnya Malaysia dan Singapura. Keadaaan yang demikianlah memungkinkan peningkatan devisa negara, sehingga dapat mendukung pembangunan daerah Kabupaten Karimun.
            Disamping itu para pemuda juga menjadi penanggung jawab dalam aspek pariwisata ini. Para pemuda khususnya yang  berada disekitar objek wisata alam diharapkan dapat menjaga dan melestarikan keindahan objek pariwisata tersebut. Hal tersebut perlu dilakukan mengingat tempat wisata alam masih saja dikotori oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh para pengunjung, baik turis asing maupun mancanegara. Oleh sebab itu, diperlukan subjek yang aktif dan bertanggung jawab untuk mengolah objek pariwisata tersebut.
            Subjek yang perlu dilibatkan adalah pemuda Kabupaten Karimun, dimana kesadaran pemuda akan peran sertanya sebagai pelaku pembangunan daerah perlu dibina. Oleh sebab itu perlu dilaksanakan program-program yang berguna meningkatkan kesadaran pemuda seperti, gotong-royong membersihkan lingkungan pantai, kegiatan wisata alam bersama, pendidikan tentang lingkungan hidup, maupun memasang poster-poster disekitar objek wisata yang bersifat mengajak untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Dengan demikianlah upaya untuk membangkitkan semangat pemuda dalam aspek pariwisata dapat tercapai.
Lihat Pariwisata di Karimun


C.    Aspek Olahraga
Pembangunan Kabupaten Karimun tidak lepas dari unsur olahraga, dimana olahraga dapat dijadikan ajang kompetisi antar daerah yang secara langsung akan mempengaruhi pembangunan daerah.
Banyak generasi-generasi muda Kabupaten Karimun yang memiliki potensi tinggi dibidang olahraga. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi olahraga yang diperoleh pemuda Kabupaten Karimun,.Misalnya dalam Popda IV Provinsi Kepri, Kabupaten Karimun meraih enam medali emas, diantaranya ialah : lomba lari 5.000 meter putera atas nama Muhd Azri, lari 1.500 meter juga atas nama Muhd Azri, lompat jauh putera atas nama Mujib, lompat jauh puteri atas nama Nurul Fariana, tolak peluru putera atas nama Masroni, dan lempar lembing atas nama Nasrizal. Prestasi tersebut membuktikan generasi-generasi muda Kabupaten Karimun memilki potensi yang tinggi, sehingga dapat dijadikan teladan untuk membangkitkan semangat pemuda Karimun dalam aspek olahraga.
Pemerintah diharapakan mampu mendukung kelancaran pelaksanaan berbagai kegiatan olahraga di daerah dengan mengadakan program-program seperti lomba atau olimpiade olahraga, membangun dan meningkatkan fasilitas-fasilitas olahraga di Kabupaten Karimun ini, sehingga para pemuda akan tertarik dan mau secara sadar untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga.
Lihat Olahraga di Karimun

0 comments:

Post a Comment